ototo-in-progress

METAMORFOSIS --- Supported by Tommorowland Project

Pegel Linu Selasa, Juli 08, 2008

Sudah 3 tahun ini dalam hidupku selalu ada ritual 'pegel linu'.. ga tanggung-tanggung, ritual ini harus aku jalani selama 30 hari..

Ritual ini aku jalani karena datang bulan.. eh.. ga ding.. Karena datang nya keponakanku dari jepang yang super duper yami.. super aktif.. (aku ga bilang hiperaktif sih, soalnya ga separah itu)..

Si keponakan ini umurnya 3 tahun.. tapi tubuhnya sudah gede, lebih besar dari anak indonesia pada umumnya.. Kalo dia sudah bilang 'dako!!' (gendong).. wah dijamin njaremnya jadi double..

Oh ya, si keponakan ini namanya RUI.. iya RUI tok, ga ada lain-lain.. Ada belakangnya sih, tapi nama keluarga.. SASAI.

Pendek banget ya.. Kalo dulu orang jepang tubuhnya pendek-pendek, tapi sekarang namanya yang pendek-pendek..

Tahun lalu Rui chan (chan=san) belum bisa bicara, pentolang-pentolong tok. Tapi sekarang sudah banyak sekali kosa kata yang dia punya.

Kalo dulu aku ga kesulitan ngajak bicara dia.. sekarang sudah ketinggal jauuuhhh banget.. Padahal baru berumur 3 tahun loh, tapi sudah pinter bahasa jepang.. (yo mesti aja ndeng!!.. hehe)..

Dia juga bisa bahasa indonesia loh.. seperti mandi, jatuh, ambil, rusak, salim.. apa lagi ya... lupa.

Kalo aku bahasa jepang hanya apal beberapa saja sih, seperti dako=gendong, oishi=enak, kakui=ganteng, ipai=penuh, yukuri=pelan-pelan, iku-keluar, coto mate=tunggu dulu, onara=kentut, dll.. yahh paling ga sampe 30 kata..

Tapi kendala bahasa ini tidak membuat hubungan antara om dan keponakan jadi terbatas.. Kami masih bisa main bareng, jalan bareng, dll. Bahkan kami masih bisa ngobrol dengan asyik.. dia nyrocos dengan bahasa jepang yang ga aku mengerti, dan aku pun nyerocos pake bahasa indonesia yang tidak dia mengerti.. dan kami pun sama-sama gendengnya... hehe..

Yang bikin aku kawatir, kalo dia sudah makin gede, dia akan makin ngerti kalo lingkungannya di indonesia ga ngerti bahasanya dia.. dan dia pun akan benar-benar jadi orang asing di tanah leluhurnya.. Yaahh semoga tahun depan om Anton lebih banyak apa bahasa jepang ya.. biar kamu ga asing di kediri..

Ada yang aneh dari keponakanku ini. Kalo anak indonesia umur 3 tahun kebanyakan bisa cerita tentang pengalamannya pas pergi kemana, melihat apa, makan apa.. tapi Rui chan gak gitu.

Yang dia ceritakan adalah suatu proses.. Kapan hari dia cerita bagaimana proses motor itu jalan. Mulai dari kunci di tancepin, push electrick starter, injak persneling, roda muter, dan jalan deh..

Ceritanya tuh berurutan dan sistematis. Aku sampek heran.. kok bisa ya.. apa ini yang bikin Jepang tuh maju, lha anak kecil saja sudah bisa berpikir sistematis, apalagi yang dewasa..

Kalo yang barusan sih Rui chan dari sisi baiknya..

Sisi buruknya ya itu tadi, super aktif.. Kalo sudah main tidak bisa stop.. walopun sudah malam, teman-temannya sudah pada bubar, om-nya sudah terengah-engah kecapekan sampek mo pingsan, dia tetap dengan semangat ninja loncat-loncat, lari-lari, teriak-teriak.. dan yang bisa menghentikannya adalah kesandung, kejedot, ato di jiwit mama'e..

Ibaratnya dia tuh kayak motor yang remnya blong.. jadi ga bisa 'mak ciiitt... trus berhenti.. harus pelan-pelan.. pelan-pelan... pelan-pelan.. baru brenti.

BTW.. plus minus dari keponakanku ini aku anggap masih banyak plusnya.. Sak mbetik-mbetik'nya anak, kalo namanya keponakan ya tetap di sayang dong..

Sak pegel linu 'n njaremnya om mu ini, tetep siap sedia ngajak main kamu.. Semoga nanti jadi orang hebat le ya.. Amiiiiiinnnn...

Dia baru happy kalo bandulan digenjot sampek tinggi..
pecinta extreem game siihhh.. :)

Sepeda baru ni yeee.. :)

Rui pose bersama penduduk asli di pedalaman :)

0 komentar: