ototo-in-progress

METAMORFOSIS --- Supported by Tommorowland Project

Salesman = Bo'ong Senin, Juli 28, 2008

Sudah 5 tahun lebih aku bekerja di dunia marketing. 'n semenjak blog ku ini lahir, belum pernah sekalipun aku posting hal yang berbau-bau marketing.

Banyak sih yang pengen aq ungkapin, tapi aku ga pede, karena kayaknya aku belum cukup pandai dalam hal marketing, takut salah..

Tapi buat 'tombo luwe'.. aku punya hal yang 'enting' tapi penting dalam hal marketing.

'tombo luwe (bhs.jawa: obat lapar), 'enting' (bhs.jawa: ringan)

Kenapa ringan?? Karena sepele banget, dan dilakuin oleh seorang salesman atau penjual dalam hal percakapan dengan pelanggan, hanya dalam waktu empat sampai enam detik saja. Tapi kalo salah ngomong, akibatnya akan kehilangan pelanggan selama-lamanya.

So.. berikut ini empat ungkapan 'jujur' yang jangan sampai kamu gunakan - dan bahkan SANGAT DILARANG saat berhadapan dengan pelanggan :

"Saya tidak tahu ".
Jika kamu seorang yang ditugaskan berurusan dengan pelanggan, jangan sekalipun mengucapkan kata-kata ini. Jika kamu tidak tahu, cari tahu. Biasanya tidak ada yang tidak bisa kamu ketahui. Pada dasarnya, pelanggan tidak suka jika kamu TIDAK TAHU. Bagi mereka, kamu adalah sosok yang serba tahu, bahkan HARUS TAHU.

"Kami tidak bisa mengerjakan itu ".
Ungkapan ini dijamin akan membuat darah pelangganmu mendidih geram. Mereka adalah "raja", maka segala sesuatu pasti bisa kamu kerjakan untuknya. Katakan saja kira-kira seperti ini: "Waduh, sayang sekali. Coba lihat apa yang dapat kami lakukan".

"Tunggu sebentar, saya akan kembali ".
Jika kamu selalu berkata begitu kepada penelepon, maka kamu telah berbohong. Perhatikan apa yang terjadi bila kamu berterus terang seperti ini: "Mungkin perlu waktu tiga menit untuk mengambil datanya. Bisa Anda menunggu sementara saya memeriksa ?"

Banyak ungkapan lain yang mungkin membahayakan kamu di depan pelanggan. Bagaimana pun juga, kamu kudu dapat mendeteksi dan menghindarinya, seperti :

Ini bukan urusan saya...

Sebaiknya Bapak pikirkan lagi...

Maaf, ini kesalahan teman saya...

Lain kali akan kami perhatikan...

Tidak mungkin kami salah...

Bla bla bla bla...


Kalo baca artikel di atas, kayaknya diharuskan untuk bo'ong yaa.. sebenarnya seorang salesman itu boleh Bo'ong ga sih??? Bingung deh...

So marketing itu luas dan tak terbatas, jadi kita harus pinter-pinter menempatkan diri, kapan harus jadi pinokio, 'n kapan harus jadi gepeto.. kapan harus bo'ong, kapan ga bo'ong.. Tul ga teman2.. ... ... ga!!@#$@?@.. wooo asem.. hi2.

1 komentar:

adinda andi anas mengatakan...

uhuahahah..ngakak beneran aku bacanya mas!

*oh iya mas?dulu sebulan sekali ke makassar?enak bgttt...!jadi kangen sm makanan2nya especially mie titi/mie kering, tau nggak mas?