ototo-in-progress

METAMORFOSIS --- Supported by Tommorowland Project

Kompor Meleduk Jumat, Agustus 01, 2008

Sore tadi ada kejadian yang menegangkan di rumahku...

Kompor Ibuk meleduk!!!!

Whaaa... kebakaran... kebakaran...


Ga tahu penyebabnya apa, yang pasti pas aku kebetulan pipis di kamar mandi dekat dapur, itu kompor udah kebakar..

Belum gede sih, tapi sempat bikin aku gemeteran 'n panik nik..

Begitu nglihat kompornya kebakar, serta merta.., sekonyong konyong, mak bedunduk.. , reflek aku ambil handuk, aku celupin air di bak mandi, 'n aku tutupin di kompor..

Eeee.. apinya bandel ga mo mati.. Denger aku teriak2 panik, sebentar kemudian Ibuk datang, kasih saran disiram air saja.. Benar.. begitu di siram air, sebentar saja apinya sudah mati..

Padahal kalo menurut pengarahan dari PMK, kalo kompor meleduk kan harus ditutup sama karung ato selimut basah, niscaya api akan padam. Tapi yang tadi kok lain ya, ga mau mati.. Gimana nih PMK, yang benar cara matiinnya pake cara PMK atau cara Ibuk???

Yang penting api sudah mati deh, 'n ga menjalar ke seluruh rumah. Puji Tuhan..

Aku benar2 heran, di rumah tuh ada kompor gas, tapi kenapa Ibuk tuh masih saja suka pake kompor minyak tanah yang jadul itu.

Padahal minyak tanah kan sudah mahal, carinya susah, nyalainnya repot, harus rajin mbersihin, nyabutin/ngodot'in sumbu, matiinya juga ribet, bau minyak tanah, bikin panci gosong, etc etc...

Lagian kompor mitan kemungkinan kebakarannya besar..

Kalo pake kompor gas bisa meledak juga sih, tapi paling tidak kalo meledaknya karena gas bocor bisa diketahui sebelumnya karena akan tercium aroma gasnya.. kecuali kalo lagi pilek saja, ga akan nyadar kalo ada bau LPG bocor..

BTW, lain kali ga akan ninggalin kompor nyala deh, untung aja korbannya cuma handuk dan panci yang gosong..

Jadi inget kata-kata si 'tukul' kapan hari.. saking ga bisa memasak, sampai-sampai masak air saja gosong.. Kejadian deh di rumahku..

1 komentar:

Mbak'e mengatakan...

wuah, untung kamu lagi pipis jadi tahu kompor-e kobong. Slamet... slamet...